Kegiatan Pembelajaran PPG Guru Tertentu Tahap 1 Tahun 2025
Pembelajaran Mendalam dan Asesmen Umum.
Menerapkan Prinsip Understanding by Design Pada Pembelajaran
Telaah Rancangan Pembelajaran dengan Menggunakan Prinsip UbD
Catatan:
Understanding by Design (UbD) atau Backward Design adalah pendekatan pembelajaran yang dikembangkan oleh Grant Wiggins dan Jay McTighe (2005). Pendekatan ini berfokus pada perencanaan pembelajaran dengan menekankan pemahaman mendalam bagi peserta didik.
Prinsip Utama UbD:
Guru merancang pembelajaran sebagai bagian dari tugasnya.
Pembelajaran bertujuan membantu peserta didik memahami konsep utama.
Peserta didik diberi kesempatan memaknai pembelajaran secara mandiri melalui bukti kinerja otentik.
Perencanaan dimulai dengan menetapkan capaian atau tujuan pembelajaran.
Guru tidak hanya mengajar tetapi juga memastikan pembelajaran terjadi secara bermakna.
Refleksi berkala dilakukan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.
UbD menekankan peningkatan berkelanjutan demi efektivitas pembelajaran.
Tahapan Utama UbD:
Menentukan Tujuan Pembelajaran – Guru menetapkan hasil akhir yang ingin dicapai peserta didik.
Menentukan Asesmen Pembelajaran – Guru menentukan cara mengevaluasi keberhasilan peserta didik dalam memahami materi.
Merancang Aktivitas Pembelajaran – Guru membuat pengalaman belajar yang mendukung tercapainya tujuan pembelajaran.
UbD membantu memastikan bahwa setiap pembelajaran diarahkan untuk mencapai pemahaman yang lebih mendalam dan relevan bagi peserta didik. Dengan pendekatan ini, proses belajar lebih terstruktur dan berorientasi pada hasil yang bermakna.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar