Sabtu, 07 Juni 2025

Modul 1. Materi 1. Kegiatan Ke 5. Merumuskan tujuan pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran PPG Guru Tertentu Tahap 1 Tahun 2025

Pembelajaran Mendalam dan Asesmen Umum. 

Menerapkan Prinsip Understanding by Design Pada Pembelajaran

Merumuskan tujuan pembelajaran

Catatan:

Untuk mencapai Capaian Pembelajaran (CP) di akhir fase, pendidik perlu menurunkan CP menjadi Tujuan Pembelajaran (TP) yang lebih operasional dan konkret. Langkah ini termasuk dalam tahap kedua perencanaan pembelajaran, sebelum tujuan tersebut diurutkan dalam struktur lebih sistematis.

Dalam merumuskan TP, pendidik perlu memperhatikan:

  1. Karakteristik mata pelajaran dan konsep/topik yang dipelajari.

  2. Karakteristik peserta didik serta konteks lingkungan belajar.

  3. Komponen utama TP, yaitu:

    • Kompetensi: Kemampuan atau keterampilan yang harus ditunjukkan peserta didik.

    • Lingkup materi: Konten utama yang harus dipahami dalam satu unit pembelajaran.

Panduan dalam menentukan TP:

  • Menggali kata kunci dari CP.

  • Menggunakan teori pendidikan seperti:

    • Taksonomi Bloom (revisi Anderson & Krathwohl, 2001)

    • Enam bentuk pemahaman (Wiggins & McTighe, 2005)

    • Tiga sistem dalam domain pengetahuan (Marzano)

Tiga pendekatan merumuskan TP:

  1. Langsung berdasarkan CP.

  2. Menganalisis kompetensi dan lingkup materi dalam CP.

  3. Merumuskan TP lintas elemen CP.

Pendidik dapat memilih metode yang paling sesuai atau memodifikasi pendekatan berdasarkan kebutuhan mata pelajaran. Pemerintah juga menyediakan contoh TP di Platform Merdeka Mengajar, yang bisa langsung digunakan atau disesuaikan.


Selengkapnya bisa dilihat di sini.

Tidak ada komentar: