Minggu, 08 Juni 2025

Modul 1. Materi 1. Kegiatan Ke 7. Assesmen pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran PPG Guru Tertentu Tahap 1 Tahun 2025

Pembelajaran Mendalam dan Asesmen Umum. 

Menerapkan Prinsip Understanding by Design Pada Pembelajaran

Assesmen Pembelajaran

Catatan:

Pengertian Asesmen Asesmen adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk memahami kebutuhan belajar, perkembangan, dan pencapaian murid. Umumnya, asesmen dikaitkan dengan pemberian nilai dan pengisian rapor, tetapi sering kali belum dimanfaatkan sebagai umpan balik bagi guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

Jenis-Jenis Asesmen Ada tiga jenis utama asesmen berdasarkan fungsi:

  1. Assessment as Learning – Berfungsi sebagai asesmen formatif, melibatkan murid dalam menilai diri sendiri dan temannya, memberikan refleksi dalam proses pembelajaran.

  2. Assessment for Learning – Digunakan untuk memperbaiki proses pembelajaran dengan memberikan umpan balik bagi murid dan guru.

  3. Assessment of Learning – Berfungsi sebagai asesmen sumatif, dilakukan di akhir proses pembelajaran untuk mengevaluasi pencapaian murid.

Fungsi Asesmen Formatif dan Sumatif

  • Formatif:

    • Mendiagnosis kemampuan awal dan kebutuhan belajar murid.

    • Memberikan umpan balik bagi guru dan murid untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

    • Membantu memahami pemahaman murid dalam aktivitas kelas.

    • Meningkatkan motivasi belajar melalui program pembelajaran yang positif dan bermakna.

  • Sumatif:

    • Dilakukan di akhir lingkup materi atau semester.

    • Mengukur pencapaian hasil belajar murid berdasarkan kriteria capaian.

    • Memberikan data untuk merancang perbaikan pembelajaran selanjutnya.

    • Menentukan kekuatan dan kelemahan murid dalam belajar.

Teknik dan Dokumentasi Asesmen Beberapa teknik yang dapat digunakan dalam asesmen meliputi review produk, proyek, dan tes tertulis. Selain itu, dokumentasi hasil belajar murid dapat dikumpulkan dalam bentuk portofolio atau rubrik nilai.

Kesimpulan Baik asesmen formatif maupun sumatif, jika diterapkan dengan tepat, dapat menjadi alat refleksi bagi guru dan sekolah dalam mengevaluasi efektivitas pembelajaran. Dengan asesmen yang baik, murid dapat mengalami proses belajar yang lebih bermakna.


Selengkapnya bisa dilihat di sini.

Tidak ada komentar: