Kegiatan Pembelajaran PPG Guru Tertentu Tahap 1 Tahun 2025
Pembelajaran Mendalam dan Asesmen Umum.
Menerapkan Prinsip Understanding by Design Pada Pembelajaran
Merancang Assesmen
Catatan:
Merancang Asesmen Sumatif pada Jenjang SMA
Asesmen dalam pembelajaran bertujuan untuk mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran. Pada mata pelajaran seni, asesmen sumatif digunakan untuk menilai kompetensi murid dalam mempresentasikan solusi seni rupa terkait isu dan kondisi di lingkungan sekitar.
Langkah-Langkah Merancang Asesmen
Menentukan Indikator Penilaian
Murid melakukan proses empati dalam memahami permasalahan.
Murid melakukan proses definisi untuk merumuskan inti masalah.
Murid melakukan proses ideasi dalam mencari solusi seni rupa.
Menetapkan Tingkat Capaian
Mahir – Murid menyelesaikan semua tahapan dengan jelas saat presentasi.
Cakap – Murid menyelesaikan tiga dari empat tahapan dengan jelas.
Layak – Murid menyelesaikan dua dari empat tahapan dengan jelas.
Berkembang – Murid menyelesaikan satu dari empat tahapan dengan jelas.
Membuat Rubrik Penilaian
Jika asesmen terdiri dari beberapa tahap, dapat dibuat lebih dari satu rubrik.
Rubrik dapat disesuaikan dengan kebutuhan sekolah dan guru.
Penilaian dilakukan secara kuantitatif (angka) atau kualitatif.
Penilaian Refleksi Kelompok
Dalam tugas berkelompok, refleksi kelompok juga dapat dimasukkan sebagai aspek penilaian, dengan tingkat capaian yang serupa dengan indikator utama.
Kesimpulan
Perancangan asesmen yang tepat akan membantu mengevaluasi pembelajaran dan menyesuaikannya dengan kebutuhan murid. Guru dapat menggunakan alat ukur seperti rubrik untuk memberikan penilaian yang jelas dan adil.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar