Minggu, 08 Juni 2025

Modul 1. Materi 1. Kegiatan Ke 10. Merancang Assesmen

Kegiatan Pembelajaran PPG Guru Tertentu Tahap 1 Tahun 2025

Pembelajaran Mendalam dan Asesmen Umum. 

Menerapkan Prinsip Understanding by Design Pada Pembelajaran

Merancang Assesmen


Catatan:

Merancang Asesmen Sumatif pada Jenjang SMA

Asesmen dalam pembelajaran bertujuan untuk mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran. Pada mata pelajaran seni, asesmen sumatif digunakan untuk menilai kompetensi murid dalam mempresentasikan solusi seni rupa terkait isu dan kondisi di lingkungan sekitar.

Langkah-Langkah Merancang Asesmen

  1. Menentukan Indikator Penilaian

    • Murid melakukan proses empati dalam memahami permasalahan.

    • Murid melakukan proses definisi untuk merumuskan inti masalah.

    • Murid melakukan proses ideasi dalam mencari solusi seni rupa.

  2. Menetapkan Tingkat Capaian

    • Mahir – Murid menyelesaikan semua tahapan dengan jelas saat presentasi.

    • Cakap – Murid menyelesaikan tiga dari empat tahapan dengan jelas.

    • Layak – Murid menyelesaikan dua dari empat tahapan dengan jelas.

    • Berkembang – Murid menyelesaikan satu dari empat tahapan dengan jelas.

  3. Membuat Rubrik Penilaian

    • Jika asesmen terdiri dari beberapa tahap, dapat dibuat lebih dari satu rubrik.

    • Rubrik dapat disesuaikan dengan kebutuhan sekolah dan guru.

    • Penilaian dilakukan secara kuantitatif (angka) atau kualitatif.

Penilaian Refleksi Kelompok

Dalam tugas berkelompok, refleksi kelompok juga dapat dimasukkan sebagai aspek penilaian, dengan tingkat capaian yang serupa dengan indikator utama.

Kesimpulan

Perancangan asesmen yang tepat akan membantu mengevaluasi pembelajaran dan menyesuaikannya dengan kebutuhan murid. Guru dapat menggunakan alat ukur seperti rubrik untuk memberikan penilaian yang jelas dan adil.


Selengkapnya bisa dilihat di sini.

Tidak ada komentar: