Minggu, 08 Juni 2025

Modul 1. Materi 1. Kegiatan Ke 11. Aksi Nyata: Merancang Kegiatan Pembelajaran dengan Prinsip UbD

Kegiatan Pembelajaran PPG Guru Tertentu Tahap 1 Tahun 2025

Pembelajaran Mendalam dan Asesmen Umum. 

Menerapkan Prinsip Understanding by Design Pada Pembelajaran

Aksi Nyata: Merancang Kegiatan Pembelajaran dengan Prinsip UbD


Catatan:

Langkah ketiga merancang pembelajaran dengan prinsip UbD adalah merancang kegiatan pembelajaran. Kegiatan pembelajaran yang dirancang perlu melibatkan perencanaan yang cermat untuk menciptakan pengalaman pembelajaran yang efektif dan bermakna. Kegiatan pembelajaran seharusnya tidak hanya memberikan informasi, tetapi juga menstimulasi pemikiran kritis, refleksi, dan aplikasi konsep dalam konteks yang relevan.

Berikut ini adalah sedikit referensi terkait media pembelajaran yang dapat membantu proses belajar peserta didik.


Media pembelajaran berfungsi sebagai alat bantu untuk meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap materi yang diajarkan. Berikut beberapa jenis media pembelajaran yang dapat membantu proses belajar:

1. Media Visual

  • Gambar dan Diagram – Membantu memperjelas konsep abstrak.

  • Poster dan Infografik – Menyajikan informasi secara ringkas dan menarik.

  • Slide Presentasi – Digunakan dalam pembelajaran berbasis digital atau tatap muka.

2. Media Audiovisual

  • Video Pembelajaran – Mempermudah pemahaman melalui simulasi dan demonstrasi.

  • Animasi – Menjelaskan konsep dengan visual yang interaktif dan dinamis.

  • Podcast atau Rekaman Audio – Cocok untuk pembelajaran berbasis mendengar.

3. Media Digital dan Interaktif

  • Aplikasi dan Platform E-Learning – Memfasilitasi pembelajaran online.

  • Game Edukasi – Meningkatkan keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran.

  • Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR) – Menghadirkan pengalaman belajar yang lebih immersif.

4. Media Fisik dan Praktik

  • Buku dan Modul Cetak – Sumber belajar yang tetap relevan di era digital.

  • Kartu Pembelajaran – Bisa digunakan untuk kuis atau permainan edukatif.

  • Alat Peraga dan Model – Membantu visualisasi konsep, misalnya model anatomi atau eksperimen sains.

5. Media Berbasis Kolaborasi

  • Diskusi dan Debat – Mendorong pemahaman lebih mendalam melalui interaksi.

  • Proyek dan Simulasi – Memberikan pengalaman belajar berbasis praktik.

  • Eksperimen dan Studi Kasus – Mengasah keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah.

Pemilihan media pembelajaran perlu disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan tujuan pembelajaran agar lebih efektif dan menarik.


Selengkapnya bisa dilihat di sini.

Tidak ada komentar: