Minggu, 08 Juni 2025

Modul 1. Materi 1. Kegiatan Ke 12. Menelaah dengan Prinsip UbD

Kegiatan Pembelajaran PPG Guru Tertentu Tahap 1 Tahun 2025

Pembelajaran Mendalam dan Asesmen Umum. 

Menerapkan Prinsip Understanding by Design Pada Pembelajaran

Menelaah dengan Prinsip UbD 


Catatan:

Pada tahap sebelumnya Bapak/Ibu guru telah mengeksplorasi

prinsip UbD dalam merancang pembelajaran. Pada tahap ini, siapkan salah satu

perencanaan pembelajaran (RPP/modul ajar) yang Bapak/Ibu guru miliki. Ajaklah

teman sejawat/kepala sekolah/pengawas untuk menelaah rancangan pembelajarannya

dengan mengisi rubrik checklist. Rubrik ini memandu Bapak/Ibu guru dalam

merefleksikan perencanaan pembelajaran dengan pendekatan UbD. Dengan demikian,

Bapak/Ibu guru dapat mengetahui sejauh mana perencanaan pembelajaran tersebut

relevan dengan prinsip UbD.


Item Pernyataan Sudah Belum


Langkah 1. Menentukan Tujuan Pembelajaran


Saya mengidentifikasi sasaran pembelajaran dan fokus pada

pemahaman konsep yang mendalam dan penerapan pengetahuan

dalam konteks nyata.

Saya menentukan pemahaman utama yang mencakup inti dari

pembelajaran dan evaluasi pemahaman peserta didik.

Saya mengidentifikasi kemampuan penting yang fokus pada

keterampilan yang relevan dengan konten pembelajaran dan dapat

diterapkan di kehidupan nyata.

Saya merumuskan pertanyaan esensial yang mendorong peserta

didik untuk menjelajahi konsep-konsep dan merumuskan

pemahaman mereka sendiri.

Saya menentukan kriteria keberhasilan capaian pembelajaran.


Saya merumuskan tujuan pembelajaran dalam berbagai kategori

kemampuan peserta didik.


Langkah 2. Menentukan Asesmen Pembelajaran


Saya mengidentifikasi bukti kinerja atau produk yang dapat

menunjukkan pencapaian tujuan pembelajaran.

Saya merancang rubrik penilaian yang jelas dan terukur untuk setiap

jenis bukti kinerja.

Saya merancang asesmen berdasarkan tujuan pembelajaran yang

akan dicapai.

Saya merancang asesmen formatif untuk mengukur capaian

pembelajaran yang berkelanjutan selama proses pembelajaran.

Saya mengembangkan instrumen penilaian autentik.


Saya mengumpulkan data asesmen untuk mengetahui

perkembangan pencapaian peserta didik. Selanjutnya, dipergunakan

sebagai dasar menentukan tindakan lanjutan.


Langkah 3. Merancang Kegiatan Pembelajaran


Saya menentukan alur belajar berorientasi pada pencapaian tujuan

pembelajaran.

Saya mendesain aktivitas pembelajaran yang mendorong peserta

didik untuk menjelajahi konsep secara mendalam.

Saya memilih strategi pembelajaran yang relevan untuk mencapai

tujuan pembelajaran yang terdapat pada asesmen.


Saya memilih model/metode/pendekatan pembelajaran yang relevan

untuk mencapai tujuan pembelajaran.

Saya mengembangkan aktivitas berdasarkan kebutuhan belajar

peserta didik untuk mencapai tujuan pembelajaran.

Saya mengembangkan aktivitas pembelajaran terintegrasi dengan

konteks nyata.

Saya mengembangkan aktivitas pembelajaran berdasarkan

keragaman kemampuan awal peserta didik.

Saya mendesain aktivitas pembelajaran berbasis active learning.


Saya mengembangkan aktivitas pembelajaran untuk mencapai

konsep-konsep esensial.

Bagaimana kesimpulan Bapak/Ibu guru setelah mengisi rubrik checklist?

Berdasarkan rancangan pembelajaran yang Bapak/Ibu guru miliki, pada poin berapa

saja yang perlu diperbaiki?


Selengkapnya bisa dilihat di sini.

Tidak ada komentar: