Jumat, 20 Februari 2015

Catatan Mengolah Sawah

kumpulanfotogratis.com

"Dari lumpur hitam yang bau kita dijadikan, lihatlah di mana 
padi ditanam, padi ditanam di sawah yag berlumpur dan bau  
-- tidaklah pantas untuk kita sombong dalam hidup ini"

Assalamu'alaikum para sahabat Hadrial Aat, semoga dalam keadaan sehat selalu ya? Pada tahun ini saya kembali mengusahakan sawah yang ada. Katanya sih lebarnya sekitar tiga rantai. Tapi saya tidak tahu ukuran yang sebenarnya, karena belum pernah terjun ke lapangan, eh
ke sawah, mengukur sendiri. Di tempat kami ada ukuran rantai, 1 rantai sekitar 400 Meter persegi, kalau tidak salah sih. 1 hektar berapa rantai ya, saya pun gak tahu. Tapi kalau gak salah mungkin 25 rantai ya? Coba kawan-kawan yang bisa berhitung untuk menghitungnya ya he he he

Hmmm lanjut aja ya, nih rincian biaya sawah yang kami keluarkan. Beserta hasilnya. Mungkin kurang maksimal ya hasilnya. Ya tapi cuma segitu. Kita harus bersyukur. Uangnya saya tawarkan ke seseorang mau berapa? Dia bilang 700 ribu aja. Dalam hati saya, Alhamdulillah ya, sesuatu, eh macam Syahrini aja ya. Hmmm uang itu saya gunakan untuk membayar biaya panen, uang jajan. Servis sepeda motor saya. Makan makan, dan lain-lain, yang belum bisa saya uraikan di sini.

Biaya traktor awal 90.000
Biaya isi air 20.000
Biaya buat tempat bibitan 20.000
Biaya makan orang kerja 10.000
Biaya jajan untuk tukang jetor 10.000
Biaya jethor 105.000
Biaya minyak mesin isi air 15.000
Biaya isi air 15.000
Biaya penanaman  240.000
Biaya pembelian perangsang tumbuhan 8.000
Biaya grendel/merontokkan 192.000
Biaya jajan orang panen 65.000

Total 790.000

Hasil Panen 384 Kg, harga 4.275= 1.641.600

Begitulah kisah saya menggunakanan modal untuk mengolah sawah. Tapi ada juga yang saya kerjakan sendiri, kapan-kapan ada waktu dan pekerjaan tersebut sanggup untuk kita kerjakan sendiri. Mari kita syukuri apa yang telah kita peroleh, itu adalah pemberian tuhan, kalau kita mensyukurinya, maka ia akan menambah nikmat yang kita dapatkan. Jangan lupa shalat dan bersedekah dari rezeki yang diberikan kepada kita tersebut. Kalau ada informasi saya yang salah saya mohon maaf ya. Wassalamu'alaikum... Semangat....

Tidak ada komentar: