Sabtu, 11 Januari 2014

Ditemukan Tempat Shalat Panglima Perang Kerajaan Samudera Pasai

LHOKSEUMAWE - Tim Ekspedisi Dinas Perhubungan, Pariwisata, dan Kebudayaan (Dishubparbud) Lhokseumawe mengklaim telah menemukan tempat shalat Ibrahim Tapa diperbukitan antara Desa Blang Panyang dengan Panggoi, Kecamatan Muara Satu, Rabu (9/1). Ibrahim Tapa merupakan
panglima perang Kerajaan Samudera Pasai abad 13, yang kala itu dipimpin Raja Ahmad Permala Permadala atau lebih dikenal dengan Raja Bakoi.

Tempat shalat tersebut terbuat dari batu yang bagian atasnya datar dengan lebar sekitar empat metar dan terletak di ketinggian 60 meter di atas permukaan laut. Di bawah batu tersebut ada goa. “Dari literatur sejarah, kami mengklaim di atas batu itulah Ibrahim Tapa shalat, berzikir, dan melakukan kegiatan keagamaan lainnya untuk mendekatkan diri kepada Allah,” ungkap Kadishubparbud Lhokseumawe, Ishaq Rizal kepada Serambi, kemarin.

Ditambahkan, dalam ekspedisi itu pihaknya juga menemukan sumur, bekas pertapakan balai pengajian, dan sejumlah lubang cato (tempat bermain catur Aceh-red) yang digali di atas karang. “Dengan temuan sejumlah barang peninggalan sejarah ini, termasuk gua Ibrahim Tapa yang kami temukan beberapa waktu lalu di lokasi yang sama, kami akan segera memugar perbukitan tersebut untuk dijadikan lokasi bersejarah,” demikian Ishaq.(bah)

Sumber: aceh.tribunnews.com

Tidak ada komentar: