Minggu, 10 Februari 2013

Politik Partai Berkasus

Apresiasi yang luar biasa untuk Partai Keadilan Sejahtera. PKS dengan sigap mengganti tampuk kepemimpinannya. Bagai sulap, dalam sekejab. Terlepas mantan presidennya salah atau tidak. PKS sangat sadar bahwa tahun 2013 bukan waktunya bermain dengan cetakan kue kekuasaan. Atau dengan kata lain ngurusin internal partai secara rumit dan berbelit-belit.


Hal ini sungguh sangat berbeda dengan partai Demokrat. Mereka masih mempertaruhkan telur di ujung tanduk. Tahun politik ini masih jadi ajang permainan internal. Ngak siap sepertinya cetakan kuenya. Seharusnya tahun inilah tahun meramu kue. Bukan ngurusin cetakan lagi.

Dua hal yang sangat berbeda dalam hal mengatasi masalah internal partai antara Demokrat dan PKS. Tentu kita maklum, mungkin ada perbedaan dalam hal aturan-aturan partai dan dalam kapasitas masalah partai.

Kita lihat saja akhir cerita partai besar ini. Apakah akan mengikuti alur PKS. Atau masih berebut cetakan kue kekuasaan di dalam internalnya. Kalau ini gagal. Telur akan pecah berantakan. Sejarah menunggu untuk mencatatkan kisah mereka.


by Hadrial Aat

Tidak ada komentar: